free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Tips Hadapi Pertengkaran Adik Dan Kakak

Bunda pasti dipusingkan dengan selalu terjadinya pertengkaran antara adik dan kakak, dimana selalu menimbulkan keributan dan kebisingan. Pertengkaran antara kakak dan adik sendiri merupakan suatu hal yang wajar. Seperti contohnya dikarenakan berebut mainan, berebut channel televisi, berebut tempat duduk dan lain-lain. Apabila hal ini dibiarkan maka lama kelamaan akan mengganggu hubungan antara kakak dan adik. Lalu bagaimana kita sebagai orang tua sebaiknya menayikapinya? Nah, bunda simak tips untuk menghadapi pertengkaran kakak dan adik di bawah ini :

1.    Sebaiknya Bantu Anak Anda Untuk Mengekspresikan Perasaannya
Jika terjadinya suatu pertengkaran anak-anak dikarenakan mengalami kesulitan dalam mengekspresikan perasaan mereka. Seperti contohnya jika Si kakak tidak suka pakaian atau bajunya dipakai oleh si adik. Maka untuk ukuran seorang anak, akan meluapkan emosi melalui sikap dimana barang miliknya jangan disentuh orang lain, walaupun oleh saudara kandungnya sendiri. Maka dengan sisi emosional si kakak yang seperti ini bisa langsung diperbaiki dengan cepat tanggap dalam bertindak. Seperti misalnya dengan memberikan pengertian bahwa sebagai kakak dan adik harus bermain bersama dan juga saling berbagi.

2.    Sisihkan Waktu untuk Si Kakak dan Si Adik
Dengan menikmati suatu kebersaan dalam keluarga merupakan hal indah. Akan tetapi agar lebih mengenali karakter masing-masing anak, ada baiknya jika Anda meluangkan waktu untuk menemani mereka sendiri-sendiri. Seperti misalnya, hari rabu Anda dan kakak akan bermain game bersama selama 30 menit dan di hari kamis, Anda akan membacakan dongeng untuk si adik selama 30 menit sebelum tidur. Dengan melakukan hal ini maka akan memperkuat jalinan emosional antara anak dan orangtua

3.     Jangan Membandingkan
Tanpa disadari, kadang orang tua akan membanding-bandingkan antara si kakak dan si adik. seperti dalam kaliamat “Coba lihat adikmu, makannya tidak berantakan seperti kamu, kamu makan saja berantakan”. Dengan kalimat seperti ini bagi anak bukan merupakan motivasi yang baik tetapi jika terlalu sering membandingkan maka Anda sama saja seperti menyiram bensin ke dalam bara yang masih menyala.

4.    Jangan Ikut Campur
Apabila anak-anak sedang terlibat dalam pertengkaran kecil seperti halnya berebut mainan, maka  Anda  sebaiknya jangan buru-buru ikut campur. Cobalah perhatikan bagaimana si kakak dan adik menyelesaikan masalahnya sendiri. Dan Anda pun harus tahu kapan saatnya turun tangan dan tidak ikut campur dalam pertengkaran kecil mereka. Tentu saja hal ini bertujuan agar anak-anak dapat terlatih untuk menyelesaikan persoalannya sendiri

5.    Berikan Pujian
Saat anak-anak Anda saling berteriak dan memaki satu sama lain maka Anda akan merasa marah dan pusing. Untuk itu jika keduanya sedang akur, mau saling berbagi, mau saling membantu dan bermain bersama maka pujilah keakraban mereka. Contohnya seperti dengan mengatakan “Bunda senang sekali melihat kalian bermain bersama,”

6.    Terapkan Aturan
Ketika adik kakak sedang bertengkar sebaiknya Anda siap dengan peraturan Anda yakni seperti keduanya tidak saling boleh memukul, tidak boleh saling melempar mainan, tidak boleh saling mendorong dan memaki. Apabila perlu, sebaiknya aturan-aturan tersebut ditulis agar mereka bisa mengingatnya saat bertengkar. Dan apabila salah satu ada yang melanggar aturan maka Anda bisa menerapkan konsukensi. Tentu saja yang telah disesuaikan dengan usia anak-anak.

Nah, bunda semoga dengan tips diatas, si kaka dan si adik akan lebih saling menyayangi dan tidak banyak terjadi pertengkaran lagi. Selamat mencoba

Rekomendasi Kami:

Cara Cepat Hamil

Leave a Reply