free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Tips Kue Tidak Bantat

Bahan sudah dipersiapkan dengan tepat dan benar, resep sudah di baca berkali-kali. Tapi kenapa kue yang di buat tetap bantat? Wah pasti ada sesuatu masalah yang Anda kurang ketahui. Untuk membuat satu buah cake saja Anda sudah menghabiskan banyak biaya dan juga waktu, tetapi apabila hasilnya sangat tidak memuaskan tentu semua usaha yang Anda lakukan akan terasa sia-sia. Untuk menghasilkan sesuatu yang luar biasa tentu di butuhkan kerja keras, tetapi dalam proses kerja keras itulah di butuhkan banyak belajar sehingga kegagalan tidak terjadi lagi. Nah di bawah ini mungkin yang menjadi salah satu penyebab kue Anda sering bantat, simak selengkapnya di bawah ini:

1.    Kurang Teliti Membaca Resep
Biasanya apabila Anda sudah membaca proses pengerjaanya, maka Anda kurang teliti lagi dalam hal tata cara pencampuran, takaran, dan juga proses membuat kue yang tertulis dalam resep. Karena Anda langsung saja mengerjakan tanpa membaca dengan teliti sekali lagi. Jadi selalu pastikan untuk takaran semua bahan harus diukur dengan benar-benar tepat. Yang terpenting lagi adalah hindari juga overmixing karena bisa membuat kue bantat. Karena membuat kue berbeda dengan membuat menu masakan lain, dimana pembuatan kue haruslah seperti ilmu pasti dimana untuk mencapai hasil yang maksimal dan sempurna dibutuhkan takaran yang sesuai, jadi sebaiknya ikuti resep dengan benar-benar teliti.

2.    Baking Powder Sudah Tidak Berfungsi Lagi
Ketika Anda membuat kue, tentu Anda tahu bahwa baking powder berguna untuk mengembangkan adonan kue. Nah, sebab itulah dikemas dalam wadah plastik yang kering, untuk sebagian orang biasanya akan berpikir bahwa baking powder ini bisa tahan lama. Tetapi sebenarnya walaupun belum masuk ke dalam tanggal kadaluarsa, bisa jadi kekuatan baking powder ini tidak sekuat dulu waktu pertama membeli. Jadi apabila menggunakan Baking powder yang sudah terlalu lama tentu akan membuat kue tidak mengembang. Maka sebaiknya cek terlebih dahulu kekuatan dan juga reaksi baking powder sebelum mencampurkannya ke dalam adonan. Cara mengujinya pun cukup mudah, pertama-tama masukkan sedikit baking powder ke dalam air panas. Nah, apabila tidak ada gelembung udara yang terbentuk atau tidak ada reaksi sama sekali, maka baking powder ini sudah tidak dapat berfungsi dengan baik lagi. Maka jangan gunakan untuk membuat kue dan segera gunakan yang benar-benar masih segar dan baru.

3.    Jangan Membuka Tutup Oven
Takaran, adonan, dan cara pembuatan Anda rasa sudah benar, tetapi hasil yang di dapat masih kurang memuaskan karena kue masih bantat. Nah mungkin karena Anda terlalu sering membuka dan menutup oven saat memanggang. Sebaiknya hindari membuka dan menuutup oven, karena akan membuat suhu udara dalam oven menjadi tidak stabil, dan menyebabkan  kue menjadi bantat.

4.    Mengocok dan Mengaduk yang Salah.
Selalu perhatikan semua instruksi sesuai dengan tata cara pembuatan pada resep, bedakan antara kata mengocok dan mengaduk karena kedua kata ini adalah dua hal yang berbeda. Biasanya yang dikocok adalah telur, bisa bersama bahan lain seperti dengan gula, garam dan emulsifier dll sesuai dengan resep. Sedangkan untuk bahan yang diaduk adalah seperti halnya tepung, minyak atau mentega cair dan santan. Tentu mengaduknya pun dengan menggunakan spatula besar.

Nah, itulah yang harus diperhatikan apabila Anda menginginkan kue yang mengembang dengan sempurna, satu saja kesalahan di atas Anda lakukan maka sudah pasti hasilnya akan mengecewakan, semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan sehingga Anda lebih mahir dan ahli dalam membuat kue yang enak dan sempurna.

Leave a Reply