free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Tips Memilih Dot Bayi Yang Tepat

Tips memilih dot buat bayiBunda, saat ini tentu banyak jenis dot yang beredar di pasaran. Mulai dari yang harganya murah sampai dengan dot yang paling mahal. Biasanya harga yang murah memang akan menjadi pilihan banyak para ibu dalam memilih dan membeli dot. Tapi bunda harus tahu bahwa  tidak semua jenis dot aman untuk si kecil.  Biasanya dot yang terbuat dari bahan yang bukan karsiogenik merupakan salah satu jenis dot yang sehat dan aman. Tapi bunda perlu waspada dengan dot yang berbahan lateks dan biasanya berwarna kuning, sehingga apabila terkena panas maka akan bersifat karsiogenik. Jika zat yang bersifat karsiogenik tersebut di konsumsi bayi maka akan menumpuk dan menjadi kanker di saat dia besar nanti. Lalu bagaimana cara memilih dot bayi yang tepat ? Simak selengkapnya berikut ini

1.    Sebaiknya pilih dot yang berbahan lentur dan juga elastis, dimana mirip dengan puting susu ibu sehingga akan nyaman digunakan bayi. Biasanya terbuat dari bahan silikon atau lateks, dimana keduanya memiliki kelebihan sebagai berikut :

·    Dot bahan Silikon : Dot tidak berbau, mudah untuk dibersihkan, kuat menahan gigitatern bayi, tidak  terlalu lentur, dan juga lembut di mulut bayi.
·    Dot Lateks : biasanya kenyal, sangat lentur, lembut di mulut bayi, terkadang akan meninggalkan bau apabila kurang bersih mencucinya, dan juga mudah robek akibat gigitan bayi.
2.    Sebaiknya pilihlah dot ortodentik, dimana biasanya berbentuk bulat dan bagian bawah datar. Selain itu dot ini juga dirancang khusus agar tidak mengganggu pertumbuhan gigi dan kesehatan gusi si kecil
3.    Pilihlah dot yang tahan panas sehingga apabila akan mudah jika disterilkan
4.    Pilihlah dot yang memiliki panjang puting minimal 3,75 cm, hal ini bertujuan agar  mencegah bayi tersedak
5.    Pilihlah pegangan dot yang memiliki warna mencolok, tentu saja agar mudah menemukannya apabila dot terjatuh
6.    Pilihlah juga dot yang memiliki lubang di bagian bawahnya, hal ini bertujuan agar adanya sirkulasi udara dan memperkecil risiko terjadinya ruam di sekeliling mulut atau bibir bayi
7.    Sebaiknya periksa terlebih dahulu kekuatan melekatnya dot di bagian yang berbentuk puting yang digigit bayi. Maka jangan pilih dot yang Anda mudah melepasnya, karena hal ini akan berisiko bayi mudah tersedak.

Fungsi dot disini yakni merupakan salah satu alat yang dipakai untuk menenangkan bayi ketika bayi mulai rewel. Dalam hal ini selain akan memberikan efek kepuasan menghisap pada bayi, dot atau juga biasa disebut empeng ternyata dapat juga merangsang pertumbuhan otot rahang dan mulut bayi. Nah, karena fungsi dot sangat membantu Anda , maka jangan sembarangan membeli dot tanpa memikirkan dan mempertimbangkan kesehatan si kecil. Pilihlah dot yang benar-benar aman ketika digunakan. Nah, bunda semoga tips di atas dapat bermanfaat.

Leave a Reply