free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Tips Memilih Nama Bayi

Nama merupakan hadiah terbesar orang tua untuk anaknya, karena nama merupakan doa bagi anak. Pemilihan nama pun tidak boleh sembarangan, karena bisa jadi akan berpengaruh juga kepada kehidupan anak itu sendiri kelak. Nah, lalu bagaimana tips untuk memilih nama bayi yang tepat? Yuk simak tips selengkapnya berikut ini :

1.    Persiapkan Nama Bayi Jauh-Jauh Hari
Bunda apabila Anda dan pasangan sudah punya impian untuk memiliki seorang bayi maka pada saat itu tentu Anda sudah punya pilihan untuk nama si kecil, walaupun Anda masih sedang berpacaran atau pun sebelum hamil. Maka catat nama yang mungkin jadi pilihan Anda tersebut

2.    Cari Dari Berbagai Sumber
Saat ini sudah banyak media yang dapat menjadi inspirasi untuk nama si kecil. Jadi Anda bisa mencari nama terbaik baik melalui situs online, kamus buku anak atau dari kitab suci

3.    Buat Daftar Nama Anak
Sebaiknya buatlah buku daftar nama anak di buku agenda atau note di ponsel dan juga tablet Anda. Hal ini bertujuannya agar Anda bisa melihat dengan mudah daftar nama anak pilihan Anda. Dan apabila memungkinkan dalam beberapa hari sekali, eliminasi nama yang menurut Anda masuk dalam peringkat terbawah dari nama yang Anda sukai.

4.    Berdiskusi Bersama Pasangan.
Nama yang baik untuk anak adalah nama pemberian dari kedua orang tuanya. Bukan hanya dari satu pihak saja. Jadi sebaiknya diskusikan bersama pasangan nama untuk buah hati Anda berdua.

5.    Konsultasi Dengan Orang Lain.
Orangtua tentu bisa menjadi pilihan untuk tempat berkonsultasi pemilihan nama. Bisa saja mereka punya informasi mengenai kekeliruan dari nama anak yang Anda pilih, seperti misalnya nama yang diambil tidak sesuai dengan kultur Anda. Selain dengan orang tua bisa juga konsultasi dengan pemimpin atau tokoh agama, siapa tahu nama yang diambil dari kitab suci itu memiliki latar belakang yang kurang baik.

6.    Tetapkan Pilihan
Jangan takut dan ragu memberi nama untuk anak. Selalu yakin bahwa pilihan Anda dan pasangan adalah yang terbaik untuk anak. Selain itu pilih nama yang mudah di ucapkan

7.    Hindari Nama Terlalu Panjang atau Terlalu Pendek
Sebagian besar orang tua memberikan nama dua sampai tiga kata untuk anaknya.  Nama yang terdiri dari tiga kata maka akan memudahkan anak nantinya dalam pengisian formulir registrasi yang membutuhkan pencantuman nama depan, tengah, dan juga akhir.

8.    Pikirkan Nama Panggilan Anak.
Perlu di perhatikan ya bunda, jangan sampai dimana Anda sudah susah  memikirkan arti bagus dari nama anak, tetapi pada akhirnya si anak akan dipanggil dengan nama panggilan yang tidak terlalu enak didengar. Seperti misalnya apabila Anda memberi nama Joseph karena terinspirasi dari actor tampan Joseph Gordon Levitt , maka akan disayangkan sekali jika pada akhirnya teman-teman anak memanggilnya Ocep. Maka hindari pemilihan nama yang nantinya malah jadi bahan ejekan dari teman-teman sekolahnya.

Pemilihan nama untuk sang buah hati memang gampang-gampang susah ya bunda, tapi perlu juga diketahui bahwa seunik-uniknya nama anak, coba bayangkan kembali apabila saat ia dewasa nanti dan terkenal dengan profesi apapun yang ia pilih, apakah nama anak tersebut akan terlihat pantas disandang bersebelahan dengan gelarnya. Selamat memilih nama terbaik untuk si buah hati.

Leave a Reply