free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Tips Memilih Pemutih yang Aman untuk Wajah

Kulit putih dan mulus masih menjadi dambaan semua perempuan, dengan kulit yang putih akan mudah memakai pakaian warna-warni sesuai selera, karena kulit putih memang cocok dipadankan dengan warna apapun. Terbalik dengan kulit yang putih, kulit yang gelap punya beberapa pantangan warna yang tak boleh dikenakan. Jadi tak heran banyak wanita mendamba kulit putih dan mulus. Begitu juga dengan kulit bagian wajah, wanita biasanya terobsesi dengan kulit wajah yang mulus, bersih, putih dan bebas jerawat.

Agar mendapatkan wajah yang diimpikan, banyak cara yang dilakukan seperti suntik hormon, bedah plastik, hingga menggunakan obat atau produk-produk kecantikan pemutih kulit. Sebagai bukti hampir semua kosmetik mengeluarkan produk pemutih di pasaran karena kebutuhan akan pemutih masyrakat khususnya di Indonesia memang tinggi. Maraknya berbagai jenis pemutih wajah membuat banyak orang ingin mengambil untung dan memanfaatkan kesempatan. Salah satunya dengan menjual dan menawarkan produk-produk pemutih yang membahayakan kesehatan. Meskipun sudah dilarang pemerintah, produk yang membahayakan tersebut terus diproduksi dan dipasarkan karena memang masih banyak peminatnya.

Ancaman dari pemutih berbahaya pun bukan main-main mulai dari kulit menjadi rusak hingga ancaman penyakit seperti kanker kulit. Karena itu harus pintar-pintar memilih pemutih yang aman bagi wajah. Ikuti tips memilih pemutih yang aman seperti di bawah ini:

1. Terlebih dahulu baca dengan baik komposisi dan kandungan kosmetik. Jika pada komposisi mengandung zat-zat berbahaya seperti merkuri, sebaiknya jangan digunakan.

2. Pemutih disesuaikan dengan jenis dan masalah kulit Anda. Satu produk kosmetik ditujukan untuk satu jenis kulit atau masalah kulit tertentu. Sebagai contoh  krim pemutih untuk kulit berminyak dan berjerawat, tentu akan tidak cocok digunakan oleh kulit yang kering. Sebaiknya kenali jenis kulit anda dan masalahnya. Apabila dirasa sudah cocok maka bisa digunakan untuk wajah.

3. Jangan gunakan produk yang tidak bermerek atau tidak berlabel. Karena tidak adanya merek atau label menunjukkan ketidakjelasan produk terkecuali jika memang mendapatkannya berdasarkan resep dokter atau ahli kecantikan. Apabila terjadi kontraindikasi bisa segera mendapat penjelasan, apabila tanpa label, kemana Anda akan minta penjelasan bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

4. Memiliki ijin dari BPOM. Agar dapat memastikan bahwa produk pemutih wajah itu legal dan resmi, bisa dilihat lewat nomor BPOM yang tertera di kemasan. Jika tanpa no BPOM, maka dipastikan produk tersebut belum melalui uji kelayakan dari BPOM. Jadi hindari pemutih tanpa Izin BPOM.

5. Belilah produk di toko kosmetik terpercaya. Jangan dulu percaya kepada produk yang sama dengan harga yang jauh lebih murah karena bisa jadi kosmetik tersebut palsu, sebaiknya belilah di toko kosmetik yang memang terpercaya agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Pemutih dengan harga yang sedikit lebih mahal bukan menjadi masalah asalkan aman digunakan kulit kita.

Dengan langkah langkah di atas, diharapkan dapat terhindar dari produk pemutih wajah yang dapat membahayakan kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Leave a Reply