free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Tips Memilih Telur yang Segar dan Berkualitas

Telur adalah salah satu bahan makanan yang selalu ada di rumah, karena telur bisa diolah menjadi aneka makanan yang nikmat, mulai dari kue, tumisan, dan makanan berkuah. Bila tidak ada menu lain untuk dihidangkan bersama nasi, telur pasti di jadikan solusi. Itulah alasan hampir semua orang suka makan telur. Tapi untuk mendapatkan telur yang layak untuk di konsumsi maka  Anda harus memilih telur yang berkualitas baik. Kualitas pada telur tidak hanya bisa dilihat dari tampilan luar atau cangkangnya saja. Dibawah ini adalah cara dan Tips untuk memilih telur yang segar dan berkualitas baik:

1. Teropong

Salah satu cara paling ampuh untuk melihat keadaan telur adalah dengan menggunakan teropong telur yang berfungsi untuk melihat kondisi di dalam telur. Teropong telur bisa dibuat secara sederhana dari tripleks kemudian dibentuk menyerupai kotak dan diberi lampu di dalamnya. Pada kotak tersebut diberi dua lubang di atasnya untuk  mengintip isi telur. Setelah telur dimasukkan ke dalam kotak kemudian diteropong di atas nyala lampu. Apabila telurnya tidak jernih maka telur ini sudah tidak segar lagi.

2. Digoyang-goyang

Apabila menyediakan teropong telur dirasa sulit, ada cara lain untuk memilih telur yakni dengan cara menggoyangkan telur. Pilih salah satu telur yang terlihat sempurna lalu goyang-goyangkan telur tersebut sambil didengarkan. Maka saat Anda menggoyangkannya telur akan mengeluarkan suara dan terasa suatu gerakan tertentu. Apabila  saat digoyangkan kuning telur terasa bergerak-gerak dan mengikuti arah gerakan Anda, hal ini menandakan bahwa telurnya sudah tidak segar. Karena kuning telur yang bergerak menandakan tali pusat yang mengikat kuning telur dengan cangkang sudah terputus. Hal ini disebabkan karena terlalu lama menyimpan telur.

3. Ukuran

Anda Pasti berfikir untuk selalu memilih telur dengan ukuran besar, jangan salah lagi ya ternyata  telur yang berukuran kecil justru lebih mudah dinilai kualitasnya. Ternyata telur yang berukuran besar  yang 1 kg berisi 14/15 butir ternyata dihasilkan dari ayam yang sudah tua. Hal ini bisa dilihat karena telur memiliki cangkang yang lebih tipis dibandingkan telur yang kecil. Dan cangkang telur yang tipis lebih rentan rusak dan retakan. Dengan adanya retakan akan membuat pori-pori cangkang terbuka dan udara masuk ke dalam. Sehingga membuat isi telur jadi mudah rusak dan busuk. Jadi ukuran telur berpengaruh pada daya simpan telur.

4. Sentuh Kulit Telur

Saat memilih telur sentuh bagian permukaan kulit telurnya. Apabila terlihat ada butiran-butiran kecil yang menonjol dengan jumlah cukup banyak dan saat di sentuh terasa kasar hal ini berarti kondisi telor tersebut masih segar dan berkualitas baik untuk kita konsumsi. Tapi apabila kulit telur terasa licin di tangan dan terlihat mengkilap hal ini menandakan telur tersebut sudah lama dan mungkin kurang segar.

5. Rendam di Air Dingin

Cara paling mudah untuk melihat kesegaran telur adalh dengan memasukan telur ke dalam air dingin. Caranya masukan telur ke dalam wadah yang telah di isi air dingin, Apabila telur yang dimasuk ke dalam air terlihat dalam posisi tidur, maka telur tersebut masih segar dan baik untuk kita konsumsi. Jika telur dengan posisi miring berarti telur tersebut telah disimpan kurang lebih selama 3 sampai 5 hari. Dan jika terlihat posisi telur berdiri di dalam air kemungkinan besar telur telah disimpan 10 hari atau lebih. Dan apabila telur terlihat mengambang ini menandakan  telur dalam keadaan rusak atau tidak layak konsumsi.

Itu dia cara mudah memilih telur agar kita bisa mengkonsumsi telur yang masih berkualitas baik dan layak konsumsi. Sehingga nutrisi yang terkandung di dalamnya pun tidak akan berkurang.

Leave a Reply