free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Tips Menghadapi Anak Anda Yang Cemburu Pada Calon Adik

Apakah Anda sedang bingung menghadapi anak Anda yang mulai merasa cemburu pada calon adiknya? Masalah ini bukan masalah baru lagi, karena setiap anak yang akan memiliki adik baru maka akan mengalami hal yang sama. Hal ini muncul karena anak Anda merasa tersisihkan mengingat kini mungkin Anda lebih memperhatikan kehamilan di bandingkan dirinya. Nah, bunda sebelum kecemburuan itu semakin parah dan memburuk, sebaiknya antisipasi dengan cara berikut ini :

1.    Perkenalkan Adiknya Sejak Masih Dalam Kandungan
Jelaskan padanya bahwa Anda sedang mengandung adiknya, biarkan ia mengelus perut Anda dan cobalah untuk sering melakukannya secara rutin. Kemudian cobalah ajak anak Anda untuk menyapa adiknya yang masih dalam perut. Dengan begini diharapkan akan muncul dan tumbuh  rasa cinta sehingga ia tidak sabar lagi untuk  menyambut kehadiran adik barunya.

2.    Ajak Memilih Peralatan Bayi Untuk Sang Calon Adik
Dengan cara mengajak anak Anda ikut serta membeli peralatan untuk calon bayi diharapkan anak Anda akan merasa dilibatkan untuk menyambut calon adiknya itu. Beri ia kesempatan untuk memilih warna apa yang cocok untuk adiknya kelak. Jangan lupa juga bunda untuk membelikan sebuah barang yang ia sukai sehingga ia tetap merasa Anda tetap peduli padanya.

3.    Ajak Untuk Ikut Memeriksakan Kandungan
Setiap kali Anda akan mengunjungi dokter kandungan untuk pemeriksaan rutin kehamilan Anda, tidak ada salahnya jika Anda mengajak anak Anda. Bila perlu biarkan juga ia melihat janin melalui USG. Selain itu rangsang juga rasa cintanya kepada sang calon adik dengan dengan kalimat “Hai adik kecil, kakak di sini menunggumu”.

4.    Ajaklah Untuk Mengingat Kembali Masa Kecilnya
Salah satu cara jitu agar ia tidak cemburu kepada adiknya adalah dengan menunjukan betapa dulu Anda sangat menyayangi dan memanjakannya, dan menjelaskan kepadanya bahwa jika kelak adiknya lahir maka Anda akan melakukan hal yang sama seperti apa yang Anda lakukan padanya dulu. Ajak juga anak Anda untuk membuka kembali koleksi album foto saat ia masih bayi. Dan ajaklah ia untuk mulai membayangkan wajah adiknya yang mungkin mirip dirinya

5.    Hindari Membuat Janji Yang Mungkin Tidak Bisa Terpenuhi
Sebaiknya jangan berikan janji-janji kepada anak yang mungkin tidak bisa Anda penuhi seperti misalnya nanti jika adiknya lahir ia boleh menggendongnya, padahal dengan keadaan anak Anda yang masih kecil mungkin belum mampu untuk melakukan hal itu. Dengan hal ini maka anak akan merasa kecewa.

6.    Libatkan Anak Anda Saat Anda Melahirkan
Disini bukan berarti anak Anda harus membantu atau melihat persalinan Anda, akan tetapi Anda bisa melibatkannya dengan cara mengajaknya menyiapkan koper saat persalinan nanti.

Nah, bunda dengan menanti calon adik bagi si kakak maka akan lebih menyenangkan jika si kakak menanti kehadiran adik barunya dengan rasa suka cita. Jadi lakukan tips-tips di atas sejak dari awal masa kehamilan. Jangan lupa selalu berikan penjelasan bahwa Anda tetap akan mencintainya walaupun adiknya telah lahir. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply