free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Tips Menghadapi Insomnia Saat Kehamilan

Apakah Anda termasuk kedalam golongan ibu hamil yang selalu merasa lelah, gelisah, dan juga frustrasi? Sehingga dengan berbagai masalah ini menyebabkan Anda mengalami kesulitan tidur selama kehamilan? Lalu apa yang harus Anda lakukan?

Jangan panik dulu bunda, apabila Anda mengalami hal seperti di atas. Insomnia selama menjalani masa kehamilan sendiri sebenarnya normal dan sangat lumrah dialami oleh ibu hamil lainnya. Ibu hamil bisanya kurang memiliki kemampuan untuk tidur atau tetap tertidur, hal ini biasanya sering terjadi pada trimester ketiga kehamilan. Insomnia pada kehamilan sendiri disebabkan oleh sebuah kombinasi rumit dari hormon yang diproduksi selama kehamilan dan sejumlah kondisi yang tidak membantu seperti contohnya ibu hamil sering buang air kecil, merasa perih di lambung secara terus-menerus selama kehamilan, mengalami kram di kaki, serta munculnya kecemasan-kecemasan lain pra-kelahiran. Yang mana semua penyebab inilah yang  membuat ibu hamil memiliki gangguan kesulitan tidur.

Untuk itu apabila Anda mengalami insomnia dengan kehamilan Anda saat ini, simak tips untuk mengatasinya berikut ini :

1.    Coba Hilangkan Semua Kekhawatiran
Saat sedang hamil, cobalah untuk lebih rileks, perlu di ingat bahwa apa yang dialami dan dilakukan oleh si ibu akan berpengaruh terhadap bayi yang dikandungnya. Pun juga apabila ibu mengalami stress sehingga menyebabkan insomnia maka tentu akan berpengaruh negatif terhadap janin di perut Anda. Untuk itu cobalah untuk menghilangkan semua kekhawatiran dan senantiasa tanamkan berfikiran positif.

2.    Luangkan Waktu Saat Makan Malam.
Ibu hamil sebaiknya jangan makan terlalu cepat, makan yang baik untuk ibu hamil sebaiknya dengan kecepatan santai sehingga akan menghindarkan nyeri pada bagian ulu hati. Waktu makan yang baik juga akan mempengaruhi pada waktu tidur Anda. Untuk itu sebaiknya cobalah untuk tidak makan malam terlalu dekat dengan waktu tidur Anda, dimana saat keadaan perut penuh dapat membuat tidur Anda tidak nyaman dan Anda pun akan sulit tidur

3.    Selesaikan Permasalahan
Jika Anda sulit tidur dikarenakan memiliki masalah atau sedang memikirkan sesuatu, maka sebaiknya segera selesaikan masalah tersebut dengan baik, atau bicarakan dengan pasangan solusi yang terbaik, sehingga Anda tidak akan merasa khawatir dengan masalah yang membuat Anda selalu terjaga setiap malam.

4.    Hindari Konsumsi Kafein dan Coklat Di Malam Hari
Seperti kita tahu bahwa kafein dapat membuat Anda terjaga semalaman, maka untuk itu hindari konsumsi kafein menjelang waku tidur. Ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi segelas susu hangat, stick keju atau beberapa jenis buah menjelang tidur

5.    Lakukan Senam Hamil Pada Waktu Yang Tepat
Jika Anda seorang ibu hamil yang rutin melakukan senam hamil, maka sebaiknya jangan melakukan senam hamil dengan waktu yang berdekatan dengan waktu tidur, karena melakukan olahraga akan membuat Anda terjaga. Selain itu sebaiknya kurangi mengkonsumsi cairan pada menjelang tidur untuk menghindari banyaknya perjalanan kekamar mandi setelah Anda tidur.

6.    Tidur Tepat Waktu
Jika Anda termasuk ibu hamil yang memang mengalami insomnia, maka sebaiknya buatlah  rutinitas tidur yang teratur. Sebaiknya Anda pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Dengan ini maka Anda akan terbiasa tidur dengan teratur

7.    Buat Kamar Senyaman Mungkin
Sebaiknya Anda ketahui kembali penyebab Anda tidak bisa tidur, bisa jadi mungkin karena suhu udara kamar terlalu dingin atau juga terlalu panas. Maka Anda bisa menggunakan penghangat atau pendingin ruangan agar Anda dapat tidur dengan nyaman, selain itu perhatikan juga kondisi kasur dan bantal. Apakah kondisinya nyaman sesuai dengan tubuh Anda yang sedang hamil?

Nah, itula beberapa cara untuk menghilangkan insomnia pada ibu hamil. Semoga tips di atas dapat bermanfaat untuk Anda

Leave a Reply