free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Tips Merawat Gigi Anak

Pasti Anda sering melihat balita yang masih kecil tetapi giginya sudah rusak dan sering merasakan sakit gigi. Tentu hal ini sering terjadi karena orang tua kurang memberikan berhatian kepada kesehatan gigi. Yang perlu Anda ketahui adalah walaupun belum tumbuh gigi pada bayi sebaiknya selalu  membersihkan gusi, lidah, dan rongga mulut bayi, dan hal ini  tetap harus dilakukan sejak dini terutama apabila bayi selesai minum susu. Selain berguna untuk membersihkan bagian-bagian mulut bayi dan mencegahnya dari berbagai macam penyakit. ternyata hal ini dapat membantu menanamkan kebiasaan bagi bayi agar rajin membersihkan giginya hingga kelak ia dewasa.

Ketika sisa-sisa susu dibiarkan lama berada di dalam mulut dan tidak dibersihkan, maka akan memicu timbulnya kuman, yang disebabkan dari sisa susu tersebut. Apabila sisa susu yang masih tertinggal di dalam mulut anak karena tidak dibersihkan maka lama kelamaan akan berubah menjadi asam, dan akhirnya berubah lagi menjadi jamur yang ditandai dengan adanya bercak-bercak putih. Jamur tersebut biasanya akan muncul di bagian bibir, lidah, dan juga langit-langit mulut anak Anda.

Dan sebaliknya apabila mulut bayi dan Anak Anda bersih dan terawat, tentu mereka pun akan merasa lebih nyaman dan lebih sehat. Dibawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bayi dan Anak Anda terhindar dari segala macam jenis penyakit gigi dan mulut.

·    Jangan Minum Susu Sambil Tiduran

Sebaiknya selalu usahakan untuk tidak memberi ASI atau pun susu botol kepada si kecil dengan posisi sambil tiduran. Hal ini karena pada saat tertidur, aliran air ludah akan berkurang. Yang ternyata di dalam air liur mengandung zat antibakteri dan zat yang dapat mengurangi tingkat keasaman pada mulut. Dan hal inilah yang menyebabkan terjadinya pengikisan gigi secara berkala pada anak. Sebaiknya, selalu berikan susu kepada Anak dengan posisi anak duduk, dan jangan sampai membiarkan menghisap susu sampai anak tertidur.

·    Perbanyak Minum Air Putih

Selalu biasakan setelah bayi atau anak Anda selesai minum susu, selalu berikan ia air mineral yang ditempatkan di botol susu mereka. Dalam hal ini pemberian air putih dimanfaatkan sebagai proses pembersihan sisa-sisa susu yang tertinggal di dalam mulut. Tetapi perlu di ingat pula bahwa para ilmuwan dari John Hopkins Children’s Center di Baltimore di Amerika Serikat, mengingatkan kepada para orangtua untuk tidak memberikan air putih pada bayi berusia di bawah enam bulan. Jadi hanya berikan Air putih kepada Anak di atas enam bulan saja.

·    Teratur Membersihkan Gigi dan mulut Si Kecil

Setelah bayi atau anak minum susu, jangan lupa untuk selalu membersihkan bagian gigi dan mulutnya dengan menggunkan kain kasa, waslap, atau juga kapas lembut. Caranya cukup dengan membasahi kain tersebut dengan air matang yang hangat, kemudian balutkan pada jari telunjuk Anda. Sementara itu letakkan bayi di pembaringan agar Anda lebih mudah membersihkan mulutnya. Dan mulailah untuk membersihkan mulut dari bagian luar, yaitu pada bagian bibir dan sekitarnya. Jangan lupa juga bersihkan lidah bayi. Lakukan mulai dari pangkal lidah, lalu perlahan-lahan ke bagian depan. Apabila si kecil sudah mulai tumbuh gigi maka perawatan bisa dilakukan dengan rajin menggosok giginya.

Leave a Reply