free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Tips Perawatan Hijab

Sebagai muslimah yang berhijab, tentulah memiliki banyak koleksi hijab atau jilbab dengan beragam jenis dan bentuknya. Dengan memiliki banyak koleksi hijab tersebut tentu akan semakin mudah dan menyenangkan untuk bereksperimen dengan warna, motif dan jenis hijab. Tapi sayang, terkadang dengan banyaknya koleksi hijab di lemari menjadi ada yang jarang di pakai dan hanya disimpan saja. Dan karena terlalu lama di simpan itulah, maka hijab menjadi berjamur dan juga kehilangan warna indahnya.

Nah, untuk mencegah hal ini berlanjut dan terus terjadi, maka jangan biarkan mahkota pelindung aurat para muslimah ini rusak dan tidak indah lagi. Nah, agar tetap manis dan selalu nyaman untuk dipakai, maka rawat dengan cara yang benar dan tepat. Ingin tahu bagaimana cara perawatan hijab yang benar? Yuk simak tipsnya berikut ini :

Cara Mencuci Hijab

  1. Perlu di ingat bahwa jangan sekalipun mencuci hijab berbahan apapun dengan menggunakan air panas. Sebaiknya gunakan air hangat apabila memang terdapat sedikit noda yang membandel. Dan apabila hanya kotor karena bekas pemakaian sebaiknya cuci menggunakan air dingin.
  2. Jangan merendam hijab terlalu lama, cukup selama 15 sampai dengan 20 menit sebelum kemudian dicuci.
  3. Sebaiknya cuci hijab dengan tangan atau handwash saja, tidak perlu menggunakan mesin cuci, hal ini untuk menghindari bentuk, warna dan modelnya tidak berubah.
  4. Pisahkanlah terlebih dahulu warna hijab yang berwarna putih dan berwarna lain ketika  akan dicuci sehingga warnanya akan tetap terjaga dan tidak terlunturi oleh warna hijab lain.
  5. Gunakan selalu deterjen yang lembut agar warnanya tetap cerah dan tidak mudah pudar sehingga warnanya tetap cantik

Cara Menjemur Hijab

  1. Setelah Anda mencucinya tentu cara mengeringkannya pun harus benar dan tepat. Selain itu sebaiknya hijab tidak diperas terlalu kuat.
  2. Saat penjemuran sebaiknya diangin-anginkan saja dan jangan langsung di bawah terik matahari agar warnanya tetap terjaga dan tidak mudah pudar.
  3. Saat penjemuran sebaiknya tidak dilipat sehingga tidak akan meninggalkan bekas lipatan di kain saat di pakai.

Cara Menyimpan Hijab

  1. Setelah hijab kering, sebaiknya pilah dan pilih mana hijab yang bisa dirapikan dengan setrika dan mana juga yang tidak usah di setrika.
  2. Hijab yang bisa dirapikan dengan setrika sebaiknya gunakan suhu panas yang paling rendah.
  3. Untuk menjaga hijab dari jamur, sebaiknya simpan hijab dalam plastik khusus apabila hijab tersebut memang jarang dipakai. Sebaiknya gunakan plastik klip agar tidak harus sering ganti. Selain cara di atas Anda juga bisa menggunakan beberapa ide penyimpanan hijab seperti  menggulung dan menyimpannya dalam box atau menyimpannya pada hijab storage.
  4. Agar mempermudah pencarian sehingga saat mengambilnya tidak acak-acakan maka tempatkan hijab pada lemari sesuai dengan kode yang Anda berikan.

Ladies, dengan menjaga dan merawat keindahan dan kecantikan hijab tentu akan memberikan berbagai  keuntungan bagi Anda, selain Anda dapat mengkoleksi berbagai hijab yang tetap terawat keindahannya Anda juga tidak perlu terlalu sering membeli hijab yang baru.

Leave a Reply