free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Tips Sehat Pasca Melahirkan

Seperti kita tahu setelah kelahiran pangeran George, yang mana seorang putra pertama dari pasangan Pangeran William dan Kate Middleton, telah menjadi topik perbincangan hangat di seluruh dunia. Karena hampir seluruh orang di dunia membicarakan mereka, hal ini dikarenakan Kate telah menjadi seorang ibu untuk pertama kalinya. Karena itu pula mulai banyak tuntutan untuk  berusaha memberikan tuntunan kepada Kate agar dapat menjaga bayinya tetap sehat.

Seperti salah satunya yakni saran yang diberikan oleh Anjum Anand, seorang chef Inggris yang memiliki darah India, dimana memberikan rahasia untuk menjaga kesehatan dan tips diet untuk para ibu baru. Anjum pun menjelaskan, “Untuk Kate, makan dengan baik dan menjaga dirinya dalam beberapa minggu dan bulan ke depan akan benar-benar penting.”

Karena setelah melahirkan, maka kondisi tubuh akan melemah. Dengan kondisi ini maka menurut Ayurveda yakni sebuah sistem pengobatan tradisional di India, pasca melahirkan sistem pencernaan akan melemah dikarenakan adanya ketidakseimbangan energi di dalam tubuh, yang diperparah lagi dengan kurangnya tidur dan pola makan yang tidak menentu pada ibu baru.

Dengan ini maka perlu penyeimbangan kembali. Dengan penyembuhan jaringan tubuh dan penyeimbangan tingkat energi juga penting untuk ibu baru seperti Kate agar makan makanan yang tepat untuk menyusui,” jelasnya kembali.

Dan di bawah ini beberapa tips yang disarankan untuk ibu baru pasca melahirkan :

  1. Lakukan pijatan rutin setiap hari, hal ini bertujuan tidak semata-mata agar kulit ibu dan bayi bagus akan tetapi agar dapat memberikan dan  membawa energi baru bagi sang ibu untuk kembali ke dalam keseimbangan dan memperkuat bayi.
  2. Biasakan untuk memasak dengan menggunakan mentega atau tanpa menggunakan minyak, hal ini baik untuk mengembalikan energi yang terkuras dan memperkuat jaringan pada tubuh si ibu.
  3. Konsumsi makanan-makanan yang simpel dan mudah dicerna, seperti contohnya sup, semur, dan bubur. Karena makanan yang di konsumsi pasca melahirkan akan berpengaruh pada kondisi saat menyusui, sehingga bayi juga perlu mencernanya dengan baik.
  4. Perbanyak minum air, selain itu lakukan juga dengan merebus dua liter air yang dicampur dengan satu sendok makan biji adas di pagi hari. Kemudian biarkan hingga dingin, dan lalu saring ke dalam botol dan minum sepanjang hari. Hal ini karena biji adas berkhasiat mampu membantu produksi ASI.
  5. Banyak beristirhat dengan cukup dan berkualitas
  6. Hindari makanan pedas, karena selain tidak baik untuk pencernaan juga tidak baik untuk bayi jika sedang menyusui
  7. Cobalah untuk menambahkan kunyit pada makanan Anda karena kunyit akan memberikan begitu banyak tingkatan untuk penyembuhan badan pasca melahirkan
  8. Perbanyak konsumsi kacang karena kacang bagus untuk menutrisi tubuh dan memproduksi ASI.

Selain hal-hal di atas, untuk ibu pasca melahirkan maka diperlukan dukungan moral baik dari teman-teman maupun seluruh anggota keluarga, karena tentunya amat sangat dibutuhkan selama beberapa bulan pertama pasca melahirkan, hal ini untuk mempercepat penyembuhan baik fisik maupun mental ibu.

Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda

Leave a Reply