free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Tips Untuk Mengurangi Nyeri Saat Kontraksi

Dalam proses melahirkan normal maka salah satu proses yang akan di hadapi oleh ibu hamil yakni kontraksi. Mungkin Anda sering mendengar tentang kata kontrasi ini. Ya, kontraksi sendiri yakni suatu kondisi dimana rahim mengencang kemudian mengendur lagi. Dalam kondisi sederhananya yakni dimana Anda sedang mengalami kram perut pada saat menstruasi. Akan tetapi jika kontraksi yang terjadi menjelang persalinan, maka intensitasnya akan lebih kuat, frekuensinya pun lebih sering dan juga lebih lama.

Dalm proses persalinan, saat kontraksi merupakan saat dimana ibu hamil akan merasa sangat tidak nyaman, merasa deg-degan, cemas, khawatir dan terutama bagi yang baru pertama melahirkan. Nyeri yang di timbulkan akibat kontraksi ini, sebenarnya bisa sedikit dikurangi dengan beberapa cara, ingin tahu cara lengkapnya? Simak selengkpanya di bawah ini :

1.    Rubah Posisi Anda
Saat kontraksi tentunya akan terasa sangat nyeri maka untuk sedikit mengurangi rasa nyerinya cobalah untuk merubah posisi dengan mencoba posisi yang tidak menentang gravitasi, seperti contohnya membuka panggul. Caranya yakni dengan duduk bersandar di dinding, duduk di sandaran kursi, atau bisa juga bersandar pada tubuh suami. Cara merubah posisi ini merupakan salah satu cara paling populer untuk mengurangi peluang intervensi. Akan tetapi tetap perlu di ingat jika dokter melakukan tindakan, maka Anda dilarang bergerak, hal ini karena monitoring pada bayi dalam kandungan harus dilakukan dengan terus-menerus

2.    Berendam Air Hangat
Cara satu ini juga ampuh untuk mengurangi rasa sakit, ya, dengan berendam di dalam air hangat. Dengan posisi Anda yang berendam di air hangat maka akan mengurangi tekanan dan rasa sakit karena berkurangnya berat badan yang di bantu oleh air. Selain itu hangatnya air akan menenangkan otot-otot.

3.    Buat Bebunyian
Saat seorang wanita kesakitan karena kontraksi maka sering kali mengeluarkan suara-suara atau rintihan yang malah akan membuat tidak nyaman. Untuk itu, cobalah untuk turunkan pundak kemudian buatlah suara-suara yang dalam dan rendah untuk membantu Anda dapat bernapas lebih dalam, dengan ini maka mampu merilekskan otot-otot panggul Anda. Selain itu, benyanyi atau mengulang-ulang kalimat dari bacaan, atau menghitung, membaca doa-doa, berdzikir maka akan mengalihkan pikiran dan meredakan nyeri.

4.    Berikan Pijatan
Cara lain untuk mengurangi nyeri kontraksi yakni dengan pemijatan. Dimana pijatan tersebut dilakukan dengan tekanan yang konsisten serta mengarah ke bawah. Posisi wanita hamil bisa duduk sambil memeluk bantal atau menghadap sandaran kursi, kemudian pasangan dapat membantu dengan memijat punggung dan pinggul.  Untuk pijatan ini bisa juga menggunakan bola tenis untuk mengurut tulang belakang dan punggung bawah, dengan gerakan memutar.

5.    Lakukan Afirmasi
Ketakutan hanya akan memperparah rasa sakit. Dimana jika rasa takut akan sesuatu yang belum tentu terjadi malah akan meningkatkan persepsi nyeri. Untuk itu maka ibu hamil dapat mengucapkan kalimat-kalimat afirmasi, seperti contohnya menyatakan bahwa melahirkan adalah proses alami yang tentu saja bisa dilakukan semua perempuan. Apabila terjadi masalah, maka akan selalu ada cara untuk mengatasinya.

Itulah beberapa cara untuk mengurangi rasa nyeri saat kontraksi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda. Dan si Buah hati dapat lahir dengan selamat.

Leave a Reply