free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Tumbuh Normalkah Buah Hati Anda?

Pertumbuhan dan perkembangan si kecil tentu akan selalu menjadi perhatian setiap orang tua. Memang seyogyanyalah orang tua selalu memberikan yang terbaik untuk buah hatinya, seperti memberikan semua kebutuhan fisik maupun psikologisnya. Tapi sangat di sayangkan jika Anda tidak mengetahui perkembangan bayi Anda secara benar, apakah bayi Anda tumbuh dengan normal atau tidak. Maka dari itu berikut ulasan mengenai perkembangan normal bayi selengkapnya.

Pertumbuhan bayi atau anak yang normal dapat diketahui dari perkembangan dan kemampuan merespon sesuai dengan usianya. Dan di bawah akan diulas hubungan usia dengan kemampuan merespons si kecil apabila tumbuh dengan normal dan sehat :

1.    Usia 0 sampai dengan 3 bulan
Pada usia ini si kecil hanya menampilkan respons refleks atas stimulus saja. Dan bahasa yang dikuasainya hanya berupa tangisan, jadi sebagai orang tua harus lebih tahu dan mengerti kenapa si kecil menangis, bisa karena lapar, popoknya basah atau merasa tidak nyaman.

2.    Usia 4 bulan
Pada usia ini si kecil mulai memiliki kontrol atas tubuhnya sendiri serta mampu menunjukkan awal mula kemampuan motorik halus. Seperti contohnya mulai mampu untuk  merespon secara sosial dengan senyuman dan juga bunyi-bunyian. Dalam usia ini sebaiknya di rangsang dengan lebih banyak mengajaknya berkomunikasi dan berbicara.

3.    Usia 6 bulan
Bayi pada usia ini akan mulai belajar duduk dan merangkak. Pada usia ini bayi sudah memiliki kemampuan untuk mengontrol gerakan tangan sehingga mampu memegang benda kecil atau juga mengepal kue yang diberikan. Bahkan bayi yang sehat dan normal dalam usia ini sudah memiliki kemampuan koordinasi mata dan tangan untuk menggapai benda-benda di sekitarnya.

4.    Usia 9 bulan
Pada usia yang menginjak 9 bulan ini si kecil sudah mulai bisa menggunakan jemarinya untuk makan sendiri, mencoba untuk mulai merangkak, berdiri dan mencoba menggunakan kata atau suku kata sederhana atau biasa disebut babbling.

5.    Usia 12 bulan (Menginjak Tahun Pertama)
Pada tahun pertama ini maka akan terlihat perkembangan yang cukup pesat pada anak. Yang mana ia akan mulai menunjukkan kemampuan menguasai berbagai hal. Mulai dari berjalan dan berkata-kata pendek.

6.    Usia Tahun ke 2
Pada usia ini si kecil akan mulai independen, ia akan lebih senang untuk mengeksplorasi, penuh dengan rasa ingin tahu, berusaha mencoba berbagai kemampuan dan hal baru, mencoba berkomunikasi dengan kata-kata yang sudah mulai lengkap subyek, predikat, dan obyeknya. Selain itu si kecil juga mulai mencoba memahami sebab akibat melalui kemampuan motorik serta berusaha menguasai proses belajar dalam arti sesungguhnya.

7.    Usia Tahun ke 3
Pada usia ini dimana anak sudah dapat menunjukkan penguasaan yang jauh lebih baik pada berbagai alat untuk belajar. Mulai mahir dalam segala hal seperti bahasa, ingatan, kemampuan motor, dan menyatakan perasaan tentang dirinya sendiri.

8.    Usia Tahun ke 4 dan ke 5
Pada usia inilah kemampuan belajar anak akan jauh lebih berkembang sehingga memungkinkan ia menerima proses belajar secara formal. Dan biasanya pada usia ini anak mulai memasuki sekolah formal.

Bunda, tentu dengan bertambahnya usia si kecil maka bertambah pula kemampuan si kecil. Hal ini berarti si kecil tumbuh normal dan sehat. Semoga Informasi ini akan bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply