free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Vaksinasi Flu Untuk Ibu Hamil

Masyarakan saat ini sudah lebih pintar dan lebih perhatian terhadap masalah kesehatan, begitu juga dengan masalah kesehatan saat kehamilan. Masyarakat sudah mengenal vaksinasi untuk ibu hamil seperti contohnya vaksinasi DPT (diphteria pertussis tetanus), BCG (basillus calmette guerin), hepatitis B, dan juga polio. Vaksinasi tersebut merupakan vaksinasi wajib ibu hamil. Selain vaksinasi wajib ibu hamil seperti di atas, memang ada beberapa vaksin lain yang di anjurkan untuk ibu hamil. Ya, salah satunya adalah vaksinasi flu. Vaksinasi flu ini sifatnya memang tidak wajib, akan tetapi sangat dianjurkan untuk dilakukan. Mengapa demikian? Tentu saja akan mendapat banyak manfaat, dan contohnya seperti di bawah ini :

  1. Ibu hamil akan aman dari penyakit flu selama menjalani masa kehamilan.
  2. Janin di dalam perut akan tumbuh dengan sehat dan akan terhindar dari kelahiran prematur
  3. Setelah dilahirkan bayi akan memiliki ketahanan untuk melawan serangan flu selama beberapa bulan pertama pasca dilahirkan.

Vaksinasi flu untuk ibu hamil ini memang sering kali dianggap sepele, padahal tanpa disadari manfaatnya sangat besar. Coba bayangkan jika seorang ibu hamil terjangkit flu selama masa kehamilan, maka bisa berakibat pada terkenanya penyakit-penyakit lain yang lebih serius. Dan bahkan tidak jarang bisa mengakibatkan kematian pada masa kehamilan.

Jangan abaian vaksinasi flu ini untuk ibu hamil mungkin ibu hamil masih ragu dengan manfaatnya. Karena jika seorang ibu yang sedang hamil memang memiliki daya tahan tubuh yang menurun maka akan sangat riskan terkena flu yang bisa saja berakibat fatal pada janin. Jika ibu hamil terkena flu maka akan mengkonsumsi obat, pil atau lain sebagainya yang mungkin saja bisa berbahaya untuk janin.

Jika Anda memang memutuskan untuk melakukan vaksinasi flu maka Anda juga harus cermat dimana Anda harus memilih vaksinasi yang aman untuk ibu hamil yakni berupa vaksinasi flu yang diberikan dalam bentuk suntikan bukan berupa vaksin yang disemprotkan pada hidung. Mengapa demikian? Karena suntikan berisi virus influenza, sudah dilemahkan sehingga memiliki kemampuan untuk membunuh virus influenza yang masih aktif pada tubuh kita. Sedangkan vaksinasi berupa semprotan berisi virus influenza yang masih hidup (mengandung virus aktif). Makan dengan pemberian vaksin berupa virus hidup bisa membahayakan janin, sedangkan pemberian vaksin berisi virus yang dimatikan aman bagi janin.

Anda juga perlu mengatahui bahwa selain vaksinasi wajib dan juga vaksinasi flu di atas, ada beberapa jenis vaksinasi untuk ibu hamil lainnya seperti contohnya vaksinasi tetanus toksoid. Dimana vaksinasi ini berguna untuk mencegah terjadinya penyakit tetanus yang bisa terjadi pada rahim ibu dan juga pusar bayi. Dimana tetanus sendiri bisa menjangkiti lewat bakteri tetanus yang masuk melalui aliran darah pada luka dikarenakan proses persalinan. Dan seperti kita tahu bahwa penyakit tetanus bisa meyebabkan kematian.

Nah, bunda jadi tidak ada salahnya jika mencoba beberapa vaksinasi lain selain vaksinasi wajib, tentu saja setelah berkonsultasi dengan dokter. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda

Leave a Reply