free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Waspadai Insomnia

Insomnia adalah dimana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur dikarenakan salah satu gangguan tidur, dimana penderitanya akan memiliki kualitas tidur yang sangat buruk seperti memiliki kesulitan untuk memulai tidur atau mempertahankan tidur dalam jam-jam normal. Dan tidak jarang para penderita insomnia juga mengalami beberapa gangguan fungsional saat bangun tidur di pagi hari.
Insomnia ini bisa dialami oleh siapa saja, baik orang tua maupun muda, laki-laki ataupun perempuan. Tetapi semakin lanjut umur seseorang maka biasanya akan semakin rentan terhadap insomnia. Insomnia itu sendiri sebenarnya bukanlah sebuah penyakit, tetapi kemunculan gejala insomnia harus di atasi karena dapat memicu terjadinya gangguan psikis dan biologis lainnya. Seperti contohnya gangguan memori, gangguan emosi, terjadinya depresi, gangguan seperti kecemasan, paranoid, halusinasi, hingga resiko serangan jantung.

Jenis-jenis Insomnia ada 3 :

Insomnia dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis. Hal tersebut tergantung kepada gejala medis atau psikologis yang dialami serta tergantung dari waktu seseorang menderita insomnia.
1.    Insomnia Temporer atau Transient Insomnia. Insomnia jenis ini pada umumnya hanya berlangsung dalam waktu singkat, biasanya kurang dari satu minggu. Insomnia temporer ini biasanya terjadi karena pengaruh dari lingkungan atau sedang mengalami stres.
2.    Insomnia Akut atau Acute Insomnia. Penderita insomnia ini akan mengalami gangguan tidur selama kurang lebih satu bulan. Insomnia akut ini ditandai dengan penderitanya yang tetap mengalami masalah saat memulai untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun dalam kondisi yang memungkinkan.
3.    Insomnia Kronis atau Chronic Insomnia. Insomia ini pada umumnya berlangsung lebih dari satu bulan. Seseorang dengan gangguan insomnia kronis akan mengalami masalah halusinasi yang parah seperti melihat benda seolah-olah bergerak secara lambat atau slow motion dan masalah penglihatan ganda atau double vision, yakni dimana persepsi penglihatan dimana benda tunggal seolah-olah terlihat menjadi ganda.

Penyebab Insomnia biasanya di karenakan banyak faktor seperti dibawah ini :
1. Faktor Medis dan Biologis
·    Faktor usia sangat berpengaruh, sesorang yang sudah berusia lanjut lebih beresiko mengalami insomnia daripada yang masih muda.
·    Hormon yang diproduksi pada saat wanita hamil dan menstruasi.
·    Kerusakan pada syaraf otak seperti stroke atau alzheimer.
·    Faktor genetik atau bawaan lahir.
·    Efek samping dari penggunaan obat, narkoba, soda, alkohol, atau kafein.

2. Faktor Psikologis

·    Adanya gannguan mental seperti skizofrenia, adanya gangguan kecemasan (anxiety disorder), atau gangguan kepribadian bipolar.
·    Banyak Masalah dan beban pikiran yang terlalu banyak.
·    Adanya faktor psikis seperti muncul rasa ketakutan, paranoid, stress, depresi, merasa cemas, dan tekanan mental serta emosional.

3. Faktor Dari Luar

·    Waktu jam kerja yang selalu berubah-ubah atau tidak teratur. Sehingga tubuh akan sulit untuk menyesuaikan diri.
·    Fisik terlalu lelah beraktifitas.
·    Bekerja lebih atau lembur pada malam hari.
·    Keadaan lingkungan sekitar yang tidak mendukung untuk tidur.
·    Pola tidur yang tidak teratur.

Tips Mengatasi untuk Mengatasi Insomnia

·    Selalu biasakan lakukan pola tidur dengan jam yang teratur setiap hari
·    Gunakan tempat tidur sebagai tempat hanya untuk tidur. Hindari digunakan untuk membaca, menggunakan gadget, atau pun menonton tv di atas tempat tidur.
·    Bermeditasi dan melatih konsentrasi
·    Selama masih dalam proses penyembuhan dari insomnia, sebaiknya menghindari tidur siang agar bisa mendapatkan tidur yang lelap dan berkualitas di malam hari.
·    Jangan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein dan soda sebelum Anda tidur.
·    Buat tubuh senyaman dan setenang mungkin saat menjelang tidur
Demikianlah penjelasan singkat mengenai insomnia, jadi jangan anggap remeh insomnia ya

Leave a Reply