free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Wedang Santan Warna-warni

Istilah Wedang  merupakan salah satu minuman yang hangat atau panas. Biasanya berupa rebusan air atau santan yang dibubuhi rempah kering dan juga rempah segar sehingga menghasilkan larutan beraroma khas yang harum, menenangkan, dapat menghangatkan badan dan cocok diminum ketika udara dingin atau ketika Anda membutuhkan semangat. Jenis wedang pun beragam, mulai dari wedang klasik sampai dengan wedang ronde dimana berupa bola-bola yang terbuat dari tepung ketan dan berisi kacang cincang kemudian disiram dengan air rebusan yang beraroma serai dan cengkih.

Nah kali ini kita akan coba membuatnya agar bisa disajikan waktu sore hari saat semua keluarga sedang berkumpul. Saat sore hari yang dingin akan terasa segar apabila menikmati sajian wedang ini, akan tetapi selain nikmat disajikan hangat, wedang ini bisa disajikan dingin dengan menambahkan es batu atau menyimpannya terlebih dahulu di dalam lemari es. Dan Anda bisa menikmatinya ketika siang hari saat cuaca panas. Yuk simak cara membuat wedang santan warna-warni berikut ini :

Bahan-bahan Wedang Santan Warna-warni :
·    75 ml air kelapa, lalu hangatkan
·    100 gram tepung ketan
·    2 tetes pewarna merah
·    1/4 sendok teh garam
·    2 tetes pewarna hijau

Bahan Isi yang Diaduk Rata :
·    1 sendok makan gula pasir, dan
·    50 gram kelapa parut kasar dan disangrai

Bahan Kuah Wedang Santan Warna-warni :
·    175 gram jahe dibakar, dikupas,lalu memarkan
·    100 gram gula merah, lalu disisir
·    500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
·    250 gram kelapa muda, dikerok lebar
·    50 gram gula pasir

Cara Membuat Wedang Santan Warna-warni:
Untuk membuat kulit pertama-tama aduk tepung ketan, kelapa, dan juga garam, aduk terus sampai adonan menjadi kalis. Setelah itu bagi menjadi 3 adonan. Dan masing-masing adonan  tambahkan pewarna merah , hijau, dan sisanya biarkan tetap putih. Kemudian aduk rata masing-masing adonan.

Langkah selanjutnya ambil sedikit bahan kulit lalu pipihkan dan beri bahan isi kemudian bentuk bulat. Sementara itu rebus air sampai mendidih dan masukkan bola-bola ketan yang telah di bentuk tadi. Rebus sampai bola-bola mengapung ke permukaan air. Kemudian angkat dan sisihkan.

Untuk membuat kuah, rebus semua bahan kuah kecuali kelapa muda. Aduk  sampai mendidih kemudian saring. Lalu sajikan bola-bola ketan warna warni tersebut dengan kelapa muda dan kuah santan.
Wedang Santan Warna-warni siap dinikmati

Leave a Reply