free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Yuk Kenali Jadwal Kerja Organ Tubuh

Ladies, tubuh kita tak henti-hentinya bekerja setiap waktu walaupun kita tidak memperhatikan cara kerja dan melihahat  prosesnya secara langsung, namun demikian sebaiknya kita tetap mengetahui  jadwal kerja organ tubuh kita dan apa saja yang sebaiknya kita lakukan untuk membantu mempermudah dan memperbaiki fungsi organ tubuh kita. Simak waktu jadwal kerja organ tubuh kita dibawah ini :

·    Pukul 07.00 s.d 09.00
Pada jam ini lambung sedang bekerja optimal dan selaput jantung sedang bekerja dengan minimal. Maka sebaiknya jangan lewatkan sarapan pagi untuk membantu  proses pembentukan energi sepanjang hari itu. Dengan meminum segelas jus buah pada saat perut kosong akan mudah diserap oleh tubuh

·    Pukul 09.00 s.d 11.00
Pada waktu ini limpa sedang bekerja dengan maksimal. Dimana limpa menyalurkan cairan nutrisi ke seluruh tubuh untuk energi pertumbuhan. Nah apabila pada jam ini Anda sering merasa ngantuk hal ini berarti fungsi limpa Anda sedang dalam keadaan lemah. Jadi sebaiknya kurangi mengkonsumsi gula, lemak, minyak dan protein hewani.

·    Pukul 11.00 s.d 13.00
Nah, pada jam ini dimana jantung sedang bekerja maksimal untuk itu sebaiknya gunakan waktu beristirahat sebaik mungkin, hindari panas atau olah fisik yang berat. Bagi penderita penyakit jantung maka pada jam ini dianjurkan untuk minum obat karena kerja jantung sedang bekerja optimal.

·    Pukul 13.00 s.d 15.00
Waktu jam ini dimana hati sedang bekerja minimal karena saat ini darah merah berkumpul di hati dan terjadi proses regenerasi sel hati. Apabila fungsi hati Anda kuat, maka tubuh pun kuat menangkal penyakit. Selain itu pada jam ini usus kecil sedang bekerja maksimal jadi  waktu ini merupakan waktu yang tepat untuk makan siang.

·    Pukul 15.00 s.d 17.00
Pada jam ini dimana fungsi paru-paru sedang bekerja minimal sehingga tubuh butuh beristirahat untuk pembuangan racun dan juga pembentukan energi paru-paru. Selain paru-paru pada jam ini kantong kemih juga sedang bekerja dengan maksimal.

·    Pukul 17.00 s.d 19.00
Pada waktu sore ini dimana ginjal sedang bekerja dengan maksimal sehingga pada jam ini sangat baik apabila digunakan untuk belajar, hal ini dikarenakan sedang terjadi proses pertumbuhan otak dan pembentukan sumsum tulang. Selain fungsi tersebut pada jam ini organ usus besar sedang bekerja minimal.

·    Pukul 19.00 s.d 21.00.
Pada jam malam ini dimana lambung sedang bekerja dengan minimal. Jadi sebaiknya hindari mengkomsumsi makan malam dengan makanan yang berat dan sulit di cerna. Tetapi ingat jangan melewatkan makan malam karena lambung tetap bekerja meski ringan

·    Pukul 21.00 s.d 23.00
Waktu ini dimana limpa sedang bekerja minimal karena sedang terjadi proses pembuangan racun dan regenerasi sel di daerah limpa. Maka sebaiknya istirahatlah sambil mendengarkan  musik untuk relaksasi. Apabila tubuh Anda berada dalam keadaan rileks di saat jam ini maka akan dapat meningkatkan imunitas tubuh Anda

·    Pukul 23.00 s.d 01.00
Jam malam ini dimana jantung sedang bekerja minimal maka sebaiknya Anda sudah dalam keadaan tidur lelap. Apabila Anda begadang maka akan melemahkan fungsi jantung. Selain itu, kantung empedu juga sedang bekerja maksimal jika tubuh dalam kondisi tidur pulas.

·    Pukul 01.00 s.d 03.00
Hati atau liver sedang bekerja maksimal walaupun Anda tertidur pulas. Dimana pada saat ini terjadi proses pembuangan racun hasil metabolisme tubuh. Maka apabila Anda merasa bagian liver terasa sedikit nyeri atau sakit, maka kemungkinan ada luka dan kerusakan didaerah liver, dan pada jam ini usus kecil bekerja secara minimal saja.

·    Pukul 03.00 s.d 05.00
Pada waktu ini paru-paru sedang bekerja maksimal karena sedang terjadi proses pembuangan racun. Jadi pada waktu ini adalah waktu yang paling baik untuk bangun dan menghirup udara pagi yang masih segar. Sedangkan pada jam ini kandung kemih sedang bekerja minimal.

·    Pukul 05.00 s.d 07.00
Pada jam ini usus sedang bekerja dengan maksimal. Maka selalu biasakan buang air besar secara teratur.

Nah itulah jadwal kerja tubuh kita, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda

Leave a Reply