free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Yuk Kepalkan Tangan Untuk Mengingat Sesuatu

Kepalkan Tan Untuk Mengingat SesuatuPasti Anda merasa sangat kesal ketika Anda lupa mengingat sesuatu, padahal sedikit bayangan sudah sedikit berkelebat dalam ingatan, tapi tetap Anda tidak mampu untuk mengingatnya. Nah, apabila terjadi kejadian seperti ini maka coba untuk mengepalkan tangan Anda. Karena menurut para peneliti dari Montclair State University dengan mengepalkan tangan kanan selama 90 detik dapat memperbaiki formasi memori, sedangkan dengan mengepalkan tangan kiri selama 90 detik dapat  membantu mengembalikan memori. Hal ini dikarenakan dengan mengepalkan tangan dapat mengaktifkan pusat-pusat memori tertentu di dalam otak. Wah perlu di coba dan di praktekkan ya?

“Mengepalkan tangan kanan segera sebelum mempelajari informasi, dan mengepalkan tangan kiri sebelum mengingatnya, akan membantu memperbaiki memori,”  kata Dr Ruth Propper, yang menyusun penelitian ini.

Dr Ruth Propper bersama timnya menguji kemampuan 50 orang dewasa dalam mengingat kata-kata dari sebuah daftar yang sangat panjang. Para responden tersebut kemudian dibagi menjadi lima kelompok. Seperti pengelompokan di bawah ini :

1.    Kelompok pertama adalah kelompok yang mengepalkan tangan kanan selama 90 detik sebelum mengingat daftar kata-kata lalu mengepalkannya kembali sebelum mengumpulkan kata-kata itu kembali.
2.     Kelompok kedua adalah kelompok yang mengepalkan tangan kiri selama 90 detik sebelum mengingat daftar kata-kata lalu mengepalkannya kembali sebelum mengumpulkan kata-kata itu kembali
3.    Kelompok ketiga mengepalkan satu tangan ketika memelajari kata-kata, dan mengepalkan tangan yang lain sebelum mengingatnya,
4.    Kelompok keempat mengepalkan satu tangan ketika memelajari kata-kata, dan mengepalkan tangan yang lain sebelum mengingatnya tetapi dengan posisi tangan berbeda dengan kelompok tiga
5.    Sedangkan kelompok kelima tidak mengepalkan tangan sama sekali.

Dan didapatkan hasil terbaik dimana kelompok yang mengepalkan tangan kanannya ketika memelajari daftar kata-kata tersebut, dan mengepalkan lagi tangan kirinya ketika diminta mengingat kembali kata-kata tersebut. Dengan hasil ini maka Dr Propper pun menyimpulkan bahwa dengan gerakan tubuh yang sederhana saja dapat mengubah cara otak berfungsi dan bekerja.

Selain penelitian seperti yang dilakukan di atas, dalam penelitian lain yang juga pernah dilakukan sebelumnya, di dapatkan hasil bahwa dengan mengepalkan tangan kiri dapat  mengaktifkan sisi kanan pada otak, sedangkan pada saat mengepalkan tangan kanan dapat mengaktifkan otak kiri. Oleh karena itu dapat juga di simpulkan bahwa mengingat memori menggunakan kedua sisi pada otak. Dimana pada bagian kanan untuk mengingat kembali memori, dan pada bagian kiri untuk menyandikan memori. Dengan hasil itulah para peneliti ingin menguji lagi apakah dengan mengaktifkan setiap sisi dapat membantu proses untuk menajamkan memori.

Walaupun demikian studi ini tetap dinilai tidak cukup akurat untuk dapat menggambarkan kesimpulan itu. Menurut Olivier Piguet, seorang peneliti utama dari Neuroscience Research Australia, menyatakan bahwa prinsip-prinsip tentang studi ini memang menarik dimana kepalan tangan dapat mendukung aktivasi bagian otak tertentu sehingga dapat membantu mendukung aktivitas kognitif yang lain.

“Namun aktivasi otak yang berkaitan dengan tangan yang mengepal agak terpisah dari bagian otak yang terlibat selama memelajari kata-kata. Koneksi langsung antara dua bagian inilah yang bagi saya tampak tidak mungkin,” kata Olivier Piguet menambahkan.
Bagi Anda yang ingin membuktikan kebenaran ini, maka cobalah ketika Anda berusaha untuk mengingat sesuatu coba sambil dengan mengepalkan tangan. Bagaimanakah hasilnya? Selamat mencoba.

Leave a Reply