free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Zat Gizi Mikro Selama Kehamilan

Pada saat memasuki kehamilan maka seorang wanita akan membutuhkan zat gizi mikro, hal ini terjadi dikarenkaan kehadiran janin kecil dalam kandungan atau rahim Anda. Masa kehamilan sendiri merupakan suatu masa dimana ibu membutuhkan  zat-zat gizi tertentu dalam jumlah yang lebih banyak hal ini bertujuan untuk perkembangan dan pertumbuhan janin. Dan beberapa zat gizi atau nutrien mikro yang akan meningkat kebutuhannya selama masa kehamilan contohnya seperti asam folat, kalsium, yodium, dan zat besi.

Lalu apa itu zat gizi mikro? Zat gizi mikro sendiri merupakan suatu zat-zat gizi yang diperlukan tubuh dan dalam jumlah yang kecil, akan tetapi zat-zat gizi mikro tersebut biasanya akan memegang peranan penting dalam regulasi hormon maupun metabolisme dalam tubuh. Jika terjadi kekurangan berbagai zat gizi mikro selama kehamilan maka akan membawa dampak buruk bagi ibu hamil itu sendiri dan juga termasuk janain yang di kandungnya, maka dari itu pemenuhan zat gizi mikro selama kehamilan sangat di butuhkan

Salah satu zat gizi mikro yang sangat di butuhkan dalam masa kehamilan yakni Asam folat, dimana Asam folat merupakan salah satu zat gizi penting yang diperlukan, bahkan di butuhkan sejak masih dalam masa prakehamilan. Zat mikro asam folat ini harus ada dalam jumlah yang cukup selama menjalani kehamilan untuk dapat menunjang perkembangan jaringan embrio yang sehat, serta mencegah terjadinya kelainan tabung saraf pada bayi yang dilahirkan.

Zat gizi mikro lain yang di butuhkan selain Asam folat yakni kebutuhan akan kalsium pada ibu hamil juga akan mengalami peningkatan yang signifikan selama masa kehamilan. Kalsium sendiri sangat diperlukan selama kehamilan untuk pembentukan rangka dan gigi janin. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium tersebut maka ibu hamil disarankan mengkonsumsi sumber makanan seperti susu, ikan, brokoli, dan juga berbagai makanan sumber kalsium lainnya untuk memenuhi kebutuhan zat gizi mikro pada hamilan.

Zat gizi mikro lain yang tidak boleh terlupakan yakni kebutuhan akan yodium yang juga akan meningkat pada masa kehamilan. Dimana asupan yodium sendiri sangat penting untuk pembentukan hormon tiroksin, yakni suatu hormon yang bertanggung jawab untuk mengendalikan peningkatan kecepatan metabolisme selama masa kehamilan.

Zat gizi mikro lainnya yakni zat besi yang juga tidak boleh kurang untuk mencegah anemia pada saat kehamilan. Karena pada saat hamil, maka ibu akan mengalami anemia atau kurang darah yang lebih rentan terhadap resiko keguguran maupun kematian akibat melahirkan. Untuk menghindari hal tersebut maka ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi seperti daging, hati, ikan, bayam bersama dengan makanan atau minuman yang kaya vitamin C seperti jus buah merupakan salah satu cara untuk meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan.

Nah, ibu hamil maka dengan memperhatikan dan memenuhi kebutuhan zat gizi mikro pada kehamilan, maka bayi dan ibu pun dapat melalui proses kehamilan sampai dengan persalinan dengan selamat dan lahir sehat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan Anda dan snag buah hati

Leave a Reply